Gambaran Umum Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan

Sejarah Singkat Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan

Perjalanan panjang dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah   (SKPD) di Kabupaten Pamekasan berlatar belakang yang berbeda yang disebabkan adanya penggabungan beberapa Instansi baik Instansi Vertikal atau yang disebut dalam nomenklatur DEPARTEMEN dan ada SKPD daerah yang disebut dengan DINAS.

Perihal  Dinas Koperasi dan UKM  Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu Dinas yang berada dibawah naungan  Pemerintah Kabupaten Pamekasan berdasarkan  Undang Undang Nomor : 32 Tahun 2009, tentang Otonomi Daerah, namun penetapan atau penataan personal Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan baru terealisasi pada tanggal 28 April 2001. Dengan demikian keberadaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan Berdiri secara  utuh pada tanggal tersebut diatas dan perlu diketahui pula bahwa sebelum otonomi daerah Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan bernama Departemen Koperasi yang merupakan instansi Vertikal dan merupakan binaan dari Pemerintah Pusat.

Adapun Pimpinan Dinas Koperasi sejak otonomi daerah adalah sebagai berikut :

- Ir. H.ABDUSRA’IE, M. Si : tahun 2002-2008

- Ir. ISKANDAR SYAH : tahun 2008-2010

- Drs. H. MOHAMMAD ZAKIR, M.Si : tahun 2010-2012

- Drs. HERMAN PRIYANTO : tahun 2012- 2014

- Drs. AM. YULIANTO, MM : tahun 2014 - sampai sekarang

 

Kelembagaan

Tugas, fungsi dan struktur organisasi berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomor 14 Tahun 2008  tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan,  Nomor  38 tahun 2008 tentang uraian tugas pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan melaksanakan tugas pokok penyelenggaraan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati Pamekasan untuk menangani sebagian utusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintah. Dalam melaksanakan tugasnya Dinas Koperasi dan UKM mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan dan pelaksanaan rencana strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan.
  2. Pengkordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat
  3. Pengkordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum
  4. Pengkordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan
  5. Pengkordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  6. Pengkordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Dinas/Badan/di Kabupaten Pamekasan
  7. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan
  8. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya
  9. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM)
  10. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP)
  11. Pelaksanaan fasilitas pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/ atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan
  12. Pengelolaan pengaduan masyarakat
  13. Pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan dan kearsipan
  14. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site pemerintah daerah
  15. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
  16. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

Selain tugas tersebut kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek :

  • Perencanaan ;  
  • Pengelolaan ;
  • Pembinaan ;
  • Pengawasan dibidang Koperasi dan UKM.

 

Link Terkait

partner partner partner partner partner partner

Pengunjung

0035938
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5
46
463
645
1880
2595
35938

Forecast Today
48

35.63%
8.47%
3.07%
1.12%
0.04%
51.68%
Online (15 minutes ago):2
2 guests
no members

Your IP:23.20.162.200